Rabu, 28 Desember 2011

Jenis-Jenis Anjing Ras & Karakteristiknya part.1

Anjing ada banyak jenisnya. Misalnya seperti doberman, welsh corgi, poodle, dan lain-lain. Anjing yang berbeda jenis mempunyai perbedaan, antara lain: makanannya, ukurannya, sifatnya, cara perawatannya, dan lain-lain.
Dan setiap jenisnya memiliki ciri ciri dan karakteristik tersendiri. berikut adalah beberapa jenis anjing dan karakteristinya .

1.Golden Retriever

Golden Retriever adalah anjing trah yang mulanya dibiakkan sebagai anjing pemburu untuk mengambil burung hasil buruan yang sudah ditembak. Kecerdasan dan kepandaian yang beraneka ragam menjadikan Golden Retriever sebagai anjing multiguna.Di antaranya, mereka dipekerjakan sebagai anjing pelacak narkoba, anjing penyelamat , anjing pemburu, dan anjing penuntun.Sifatnya yang bersahabat, sabar, dan selalu ingin menyenangkan hati pemiliknya, menjadikan Golden Retriever sebagai salah satu anjing keluarga yang paling populer di dunia.Tinggi jantan diukur sampai ke ujung atas tulang bahu antara 58 cm dan 61 cm, sementara betina antara 55 cm dan 57 cm. Berat jantan antara 27,2 kg hingga 36,3 kg, sementara berat betina 24,94 kg hingga 36,28 kg.Bulu Golden Retriever memiliki berbagai warna keemasan, tumbuh lebat dan berminyak sehingga antiair.

2.Labrador Retriever
Labrador Retriever adalah salah satu dari beberapa jenis anjing pemungut buruan.dan salah satu anjing ras terpopuler di dunia karena energetik, pandai, dan bersahabat sehingga cocok dijadikan anjing pekerja. Labrador Retriever terkenal pintar dan cepat belajar, serta senang dipuji dan diperhatikan. Labrador sangat mudah dilatih dan sangat penurut. Anjing jenis ini tidak terlalu peduli pada teritori, tidak banyak maunya, tenang, tidak agresif, tidak suka merusak, tidak terlalu sensitif terhadap suara ribut atau kesibukan kota, dan berbagai sifat "sulit" yang sering dimiliki anjing ras lain. Sesuai dengan namanya, Labrador Retriever senang mengambilkan sesuatu (retrieve) untuk sang majikan. Secara naluri, anjing Labrador senang sekali membawa barang dengan mulut, dan tidak jarang senang memasukkan tangan atau lengan orang ke dalam mulut dan menggigit-gigitnya seperti mengajak bermain.Harapan hidup anjing Labrador adalah antara 12 sampai 13 tahun.Warna bulu/coat Labrador Retriever adalah hitam, kuning, dan coklat.

3.Siberian Husky
Siberian Husky termasuk dalam jenis anjing ras berukuran medium dan berbulu tebal. Anjing ras ini tidak ganas, bahkan terlalu baik dan manja terhadap manusia. Ras ini sekilas mirip serigala, mungkin juga diperkirakan terjadi karena hasil persilangan alam.Husky ini memiliki Keindahan pada matanya.memiliki kombinasi warna bulu yang bagus.




4.Alaskan Malamute
Sekilas anjing Alaskan Malamute ini mirip dengan anjing Siberian Husky yang keduanya memiliki bentuk badan dan wajah seperti Serigala. Perbedaan mencolok yang membedakan anjing ini dengan Siberian Husky adalah ukuran tubuh yang lebih besar dan ekor yang terangkat melebihi garis punggung. Untuk jantan memiliki tinggi badan 63.5 Cm (Diukur dari permukaan tanah sampai ke pundak) dengan berat badan sekitar 38 Kg. Sedangkan untuk betina memiliki tinggi badan 58.5 Cm dengan berat badan sekitar 34 Kg.

5. Kintamani 
Anjing Kintamani adalah ras anjing yang berasal dari daerah pegunungan Kintamani, pulau Bali. Anjing yang memiliki sifat pemberani ini sudah lama mulai dibiakan sehingga dapat diakui oleh dunia internasional.
Secara fenotipe Anjing Kintamani mudah dikenal, dapat dibandingkan dengan jelas antara Anjing Kintamani dengan anjing-anjing lokal yang ada, ataupun anjing hasil persilangan antara ras yang sama maupun persilangan lainnya.


 6.Azawakh
Azawakh adalah salah satu ras anjing kuno yang berasal dari Mali, Afrika. Anjing ini termasuk anjing yang dapat berburu dengan mengandalkan kecepatan dan penglihatan. Dulunya anjing ini dikenal sebagai anjing liar yang menjaga dan menghiasi tenda tempat tinggal suku Tuareg (penduduk pedalaman Sahara, Afrika Utara). Namun, sekarang ini sering dimanfaatkan sebagai pemburu kelinci serta binatang peliharaan dan pertunjukkan. Azawakh memiliki tubuh yang kurus dan atletis serta dapat berlari hingga kecepatan 64 km/jam. Anjing ini memiliki tinggi 58-74 cm dan berat 17-25 kg yang dilapisi dengan bulu pendek dan halus. 

7.Saluki
Saluki atau Greyhound Persia kemungkinan adalah jenis anjing piaraan yang paling awal di dunia. Saluki dikategorikan sebagai jenis anjing ras murni, kemungkinan dibiakkan manusia sejak 7000 tahun yang lalu.Saluki dikenal luas karena kecantikan, kecepatan dan ketahanannya.






8.Akita Inu
Akita Inu adalah anjing yang berasal dari Jepang.Akita Inu termasuk salah satu dari enam anjing trah Jepang. Anjing ini termasuk jenis anjing baru, dan baru diakui sebagai ras anjing sekitar 100 tahun yang lalu.
Akita Inu memiliki kemampuan berburu yang hebat. Karena ukuran dan keberaniannya, Akita Inu menjadi anjing pemburu yang handal, dimana buruannya berupa babi hutan, rusa besar, dan beruang Yezo berukuran besar yang berada di Provinsi Akita.



9.Shiba Inu
Shiba Inu juga berasal dari Jepang. Shiba Inu termasuk jenis anjing unggulan. Shiba Inu sudah ada sejak zaman kuno.Shiba Inu merupakan satu-satunya tipe anjing berukuran badan sedang sehingga populer sebagai anjing peliharaan. Pemelihara anjing di Jepang didata 80% memelihara jenis anjing Shiba Inu.Hasil analisa DNA membuktikan bahwa Shiba Inu merupakan anjing ras yang "paling primitif" dan paling tua. Sebagian besar penggemar mengatakan Shiba Inu yang memiliki ciri-ciri khas anjing zaman Jomon seperti bentuk tubuh yang berotot, riang dan lincah bergerak, sifat awas dan berhati-hati seperti anjing liar dan kepercayaan yang kuat terhadap majikan.

10.Chow Chow
Chow Chow adalah salah satu ras anjing tertua di dunia yang berasal dari Cina.Ciri-ciri utama dari anjing ini adalah bulunya tebal dan lembut,mulut dan lidah berwarna hitam, serta kaki belakang yang tidak bengkok sehingga membuat anjing ini berlari dengan kaku.Anjing ini memiliki penampakan fisik yang mirip seperti singa kecil atau beruang.Dalam sejarahnya, sekitar 2000 tahun yang lalu Chow Chow digunakan untuk menarik kereta luncur, menarik gerobak, membawa beban, menggiring ternak, atau menjaga barang.Anjing ini memiliki karakter yang jinak, sopan, dan penurut.Karna Bulunya yang sangat Tebal ,Anjing Chow Chow ini sangat sensirif Terhadap PANAS. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar